Cara Menghitung Otomatis Dengan Microsoft Excel
Print This Page
Dalam kehidupan sehari, kita tidak lepas dari ilmu menghitung.Perhitugan ini akan sangat bermafaat bagi yang menggeluti dunia penjualan atau lebih luasnya jual-beli. Dengan menggunakan MS Excel ini kita akan dimudahkan dalam penghitungan secara otomatis.
Perhitungan Otomatis di Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet (Lembar Kerja Elektronik). Aplikasi ini menampilkan lembaran
tabel, cara menggunakannya pun mudah
sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang
populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.
Perhitungan otomatis sangat membantu kita untuk menghitung dengan cepat, tanpa harus berpikir dulu berapa jumlah dari hasil perkalian, pengurangan, pembagian dan penambahan dari suatu perhitungan. Hasilnya pun otomatis muncul, dan tidak harus diketik sendiri oleh kita.
Perhitungan otomatis sangat membantu kita untuk menghitung dengan cepat, tanpa harus berpikir dulu berapa jumlah dari hasil perkalian, pengurangan, pembagian dan penambahan dari suatu perhitungan. Hasilnya pun otomatis muncul, dan tidak harus diketik sendiri oleh kita.
Berikut
cara membuat perhitungan otomatis di Excel.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini :
Video Tutorial
- Buka Microsoft Excel 2010 kamu atau Excel versi yang lain, perbedaan menu tidak terlalu jauh. Dan Klik Formula pada bagian atas sidebar.
- Selanjutnya Klik Calculation Options > Pastikan Automatics tercentang. Seperti gambar dibawah ini.
- Selanjutnya kita buat kotak penjumlahan seperti dibawah ini.Masukan angka ke beberapa kotak seperti dibawah.
- Selanjutnya klik Kotak E6 dan masukkan rumus =C6*D6 tekan Enter.Keterangan: E6 adalah kotak tempat hasil perkalian dari kotak C6 dan D6.
- Jadi setiap kita masukan angka dari kotak QTY dan HARGA Maka Kotak E6 akan Menghitungnya secara Otomatis.
- Letakkan kursor pada kotak E6 dibawah JUMLAH, sampai tanda plus warna hitam muncul, lalu geser ke bawah sampai E11. Lihat yang terjadi, perhitungan akan otomatis.
- Untuk menghitung Jumlah TOTAL, klik kotak di sebelah kanan TOTAL lalu ke Tab Formula lalu klik AutoSum. Secara otomatis pula akan terhitung.
- Selesai.
Semoga Bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Otomatis Dengan Microsoft Excel"