Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Situng Aggregator

Situng Aggregator adalah aplikasi rekapitulasi untuk penghitungan suara resmi dari KPU Republik Indonesia dalam Pemilu Serentak 17 April 2019 lalu. Dengan aplikasi ini mulai dari pengisian formulir Model DAA1 dalam format excel hingga melakukan agregasi DAA1 yang telah diisi untuk menjadi DA1. Aplikasi ini dimaksudkan agar PPK bisa memahami pengisian formulir maupun penggunaan dari aplikasi situng agregator untuk rekapitulasi tingkat kecamatan.

Menyiapkan file DAA1 dan DA1 :
  • Tempatkan seluruh file DAA1 yang telah diisi dan akan diaggregasi, berikut seluruh file DA1 kosong yang menjadi target aggregasinya,  dalam sebuah folder, misalnya folder Kec Saya seperti pada gambar
  • File DAA1 dari sebuah kelurahan boleh diletakkan pada subfolder di dalam folder kecamatan, seperti pada gambar

Agregasi DAA1 ke DA1 :
  1. Jalankan SitungAggregator.exe maka akan tampil antarmuka aplikasi seperti pada gambar. Pilih file DA1 untuk 1 jenis pemilihan yang menjadi target agregasi, misalnya Model_DA1_PPWP_65676_SAYA.xls
  2. Pilih folder tempat seluruh file DAA1 (misalnya PPWP) yang akan diagregasi; aplikasi juga akan mencari file DAA1 yang tepat pada subfolder di dalamnya. Misalnya, pilih folder 65676-KECAMATAN_SAYA yang di dalamnya ada folder seluruh kelurahan di Kecamatan Saya.
  3. Klik “Proses”
  4. Jika seluruh DAA1 sudah lengkap, maka file DA1 akan terisi dengan hasil agregasinya
  5. Ulangi langkah 1 – 4 untuk melakukan agregasi jenis pemilihan yang lain (DPR, DPD, DPRD Prov, dan DPRD Kab/Kota)


Video Tutorial

Keterangan:
Untuk Aplikasi Situng Aggregator silahkan menghubungi KPU Kabupaten/Kota setempat

Jika proses berhasil, maka akan tampil pesan bahwa proses telah selesai. Proses agregasi hanya bisa dilakukan jika file DAA1 dari seluruh kelurahan sudah diisi. Proses akan gagal jika tidak ditemukan file DAA1 dari satu atau lebih kelurahan.
Demikian ulasan mengenai Situng Aggregator, mudah-mudahan bermanfaat bagi Sobat yang menjadi penyelenggara Pemilu. Selamat bekerja.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Situng Aggregator"