Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hybrid Solar Eclipse April 20 2023

Gerhana Matahari adalah salah satu fenomena alam yang terjadi setiap tahun, setidaknya terjadi 2-5 kali gerhana Matahari. Namun, menjadi istimewa karena bertepatan hari Kamis 20 April 2023 A29 Ramadhan 1444 H hanya di daerah-daerah tertentu peristiwa ini bisa disaksikan. Masyarakat yang tinggal di satu wilayah tertentu, dalam seumur hidup mereka, belum tentu bisa menyaksikan gerhana Matahari, khususnya GMT yang spektakuler, apalagi GMH.

Gerhana matahari terjadi saat Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam posisi segaris sehingga membuat Matahari tertutup Bulan. Sedangkan, gerhana matahari hibrida adalah gerhana Matahari yang memiliki dua macam gerhana berbeda yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam satu fenomena. Hal ini terjadi dimulai dengan gerhana matahari cincin, lanjut berubah menjadi gerhana matahari total, hingga berakhir dengan gerhana matahari cincin kembali.

Masyarakat Indonesia yang tidak berada di wilayah yang dilintasi jalur GMH masih bisa menyaksikan gerhana Matahari sebagian. Masyarakat di seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan GMH, kecuali di ujung barat Pulau Sumatera.

Dalam fenomena ini Yogyakarta akan menjadi Ibukota Provinsi yang paling awal memulai Gerhana Matahari Sebagian. Sedangkan, Medan akan menjadi Ibukota Provinsi yang paling awal mengakhiri Gerhana Matahari. Sementara itu, Jayapura akan menjadi Ibukota Provinsi yang paling akhir memulai sekaligus mengakhiri gerhana matahari sebagian.

Demikian artikel mengenai Hybrid Solar Eclipse April 20 2023, mudah-mudahan menambah wawasan kita semua.

Posting Komentar untuk "Hybrid Solar Eclipse April 20 2023"