Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OBS Studio Full

print Print This Page

OBS Studio, sesuai namanya program ini untuk melakukan streming dan perekaman video live streming di Instagram, YouTube atau media sosial lain yang berkualitas. Program ini berjalan di komputer Windows, Mac dan Linux, tentunya gratis dan open source.


Untuk menghasilkan video yang berkualitas diperlukan pengaturan di OBS agar berjalan dengan baik, berikut pengaturannya:

Parameter pengambilan video 

Masuk menu Setting, buka bagian Video pada pengaturan. Menu ini berada pada urutan ketiga dari bawah. Di sini kamu perlu mengatur Capture Size, Output Size, Downscaling dan Frame Rate (FPS).

  • Base (Canvas) Resolution: fungsinya adalah untuk menentukan resolusi yang akan kamu nikmati ketika proses lives treaming berlangsung.
  • Output (Scaled) Resolution: berbeda dengan base resolution, output resolution ini berfungsi untuk menentukan resolusi video bagi para penonton live streaming kamu. Semakin tinggi output resolution yang dihasilkan, maka kamu perlu meningkatkan pula kecepatan internet kamu.
  • Downscale filter: sebaiknya kamu memilih Lanzos untuk mendapatkan kualitas video live streaming terbaik.
  • FPS (frames-per-second): bagian setting ini akan terisi otomatis, tergantung dari kondisi hardware perangkat yang kamu gunakan. Namun umumnya, 30fps sudah cukup untuk menghasilkan kualitas video mumpuni.
Parameter perekaman video
Mengatur bagian Output. Di sini format file video secara default, pengaturan output berada dalam mode Simple
  • Video bitrate : 2500
  • Encoder : x264
  • Audio bitrate : 16
Mengubah format video

Di menu Advanced, akan mengalihkan pengaturan ke interface tiga tab dengan lebih banyak opsi anatara lain Streaming, Recording, dan Audio.
Di tab ini, bisa memilih Recording, kemudian cari Recording Path dan cari lokasi penyimpanan video. Setelah itu, ubah Recording Format ke MP4.

Parameter Streaming untuk merekam layar
Di tab Streaming dan buat tiga perubahan yaitu mengubah Bitrate menjadi 12000. Lalu penggunaan CPU menjadi Ultrafast. Dan pastikan Encoder yang diisi adalah x264. Setelah itu, klik Apply untuk mengaplikasikan pengaturan yang sudah ditentukan.

 OBS Studio Full
https://obsproject.com/

Demikian ulasan  OBS Studio Full, nudahmudahan bermanfaat. Selamat bekerja.

Posting Komentar untuk " OBS Studio Full"