Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Windows Cannot be Installed to this Disk

print Print This Page

Pesan error Windows Cannot be Installed to this Disk biasa terjadi apabila kita ingin menginstall Windows 10 dan kita dalam mode UEFI, sedangkan partisi Windows kita dalam type MBR. Penjelasan sederhana dari masalah di atas seperti ini. Dalam komputer itu ada dua jenis sistem boot yaitu UEFI dan Legacy. Sedangkan untuk tipe hard disk yang digunakan dalam komputer ada dua jenis juga yaitu MBR dan GPT.


Secara sederhana penyebab masalah ini dapat diselesaikan apabila kita mengetahui bahwa Windows 10 hanya dapat di install pada mode UEFI dengan hardisk GPT, sedangkan apabila dalam mode legacy hard disknya harus bertipe MBR.

Caranya yaitu dengan konversi hard disk ke tipe GPT atau MBR sesuai pesan di atas dengan bantuan DLC Boot. Tenang cara ini tidak akan memformat isi hard disk.

Persiapan:

  1. Siapkan 2 Flash Disk
  2. Buat bootable DLC Boot
  3. Buat Bootable Windows dengan rufus

Cara menggunakanya:

  1. Pasang Flash Disk Bootable DLC Boot
  2. Setelah itu silahkan boot seperti saat kamu ingin menginstall Windows. Saat pertama masuk boot akan muncul tampilan tool dan silahkan pilih AOMEI Partition
  3. Kemudian klik hard disk dan convert MBR to GPT, setelah itu jangan lupa untuk klik Apply. Tunggu sampai proses selesai. 
  4. Apabila proses Apply sudah selesai, silahkan close DLC Boot
  5. Restart PC/Laptop dan install Windows kamu.


Keterangan:

Jika PC/Laptop yang kamu install OS awalnya adalah Windows 7, sudah pasti itu MBR. Jadi saat buat bootable silahkan pilih MBR partition scheme for UEFI. Sedangkan jika awalnya terinstall Windows 8/10 maka hard disknya biasanya GPT dengan sistem UEFI.

Demikian artikel mengenai Windows Cannot be Installed to this Disk, mudah-mudahan bermafaat. Selamat mencoba semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Windows Cannot be Installed to this Disk"