Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menangani Hardisk yang tidak dapat di Install Ulang ( Inul )

print Print This Page
Banyak berhubungan dengan install-menginstall  admin sering menjumpai kompi pasien yang tidak dapat di inul, entah masalah Windows nya hang, blue screen, ingin up grade/down grade OS.
 Baca juga :
Lebih-lebih kompi keluaran sekarang yang sudah terbenam Windows 8-8.1 atau 10 dari toko. Dipastikan kalau mau inul dalam proses format partisi C dan akan melanjutkan langkah Install biasannya akan muncul srceen shoot di bawah.

Setelah cek dan ricek ternyata format hard disk dari pabrikannya berformat GPT, untuk itu kita harus membuat installer format GPT yang berarti mempertahankan partisi. Atau merubah format dari GPT ke MBR.
Untuk menangani ini ada 3 cara :
  • Dengan menghapus semua partisi hard disk dan membuat partisi baru lagi lakukan inul, tentunya backup dulu data pentingnya. Inul bisa langsung dijalankan..
Untuk urusan ini DLC Boot lah yang ahli ( persiapkan flash disk ukuran besar atau hard disk external untuk memindai data ). Atau Hard disk kita copot dan kita pasang pada kompi yang normal, tujuannya untuk mengambil data penting.




 
  • Dengan Software Rufus. Kita buat flash disk bootable Windows XP-7-8-8.1-10, pilih salah satu. Tentunya sesuaikan kebutuhan OS yang mau di Install. Pada Skema partisi...... pilih ......GPT untuk UEFI. Langkah ini paling mudah tanpa merubah partisi hard disk. Tentunya kita harus sudah punya Master OS yang akan di Install kan dan aplikasi Rufus.


  • Membuat bootable DLC Boot ke DVD/Flash Disk, lalu boot. Setelah muncul penampakan awal DLC Boot diatas, pilih menu mini Windows atau menu yang paling bawah sendiri.  Pilih drive yang akan diubah format, biasanya C untuk file system. Lalu pilih menu Disk, ikuti perintah selanjutnya sampai selesai. Dengan diubah ke MBR, kita akan mudah melakukan inul Windows XP-7-8-10.

Selamat mencoba...
Semoga sukses ^_^

Posting Komentar untuk "Cara Menangani Hardisk yang tidak dapat di Install Ulang ( Inul )"