Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Singkat ArcGIS 10.1

print Print This Page
Digitasi peta hasil pemetaan atau pengambilan data di lapangan diperlukan sebagai bentuk dokumentasi digital. Dokumen ini sebagai salah satu sumber informasi untuk menjadi dasar perencanaan wilayah dan pengambilan keputusan sesuai informasi tema yang terdapat dalam peta.
Setelah melakukan instalasi software ArcGIS 10.1, hak yang harus disiapkan sebagai panduan pembuatan peta digital adalah sebagai berikut :
  1. Data hardfile merupakan lembar data pemetaan lapangan berupa kumpulan data koordinat hasil pencatatan dari GPS ( Global Positioning System) yang digunakan
  2. Data softfile merupakan file hasil input data dari hardfile yang sudah disesuaikan dengan data koordinat yang ada dalam peta manual.
  3. Peta manual merupakan peta yang digambar pada kertas milimeter blok yang mempunyai informasi dasar peta berupa judul, skala, legenda dan informasi sistem koordinat yang digunakan serta informasi lain yang perlu untuk dicantumkan dalam peta tersebut.


Berikut panduan dalam menjalankan ArcGIS 10.1 dalam pembuatan Peta Digital dari data koordinat hasil pengambilan data dari lapangan :
Jalankan ArcGIS 10.1, untuk mengkoneksikan folder tempat penyimpana file hasil inputan data koordinat sekaligus sebagai tempat menyimpan hasil pembuatan peta digital. Ikuti video tutorial seperti yang Admin kerjakan sampai selesai dan jangan lupa simpan.


Demikian ulasan mengenai Panduan Singkat ArcGIS 10.1, mudah-mudahan bermanfaat. Selamat berkarya.

Posting Komentar untuk "Panduan Singkat ArcGIS 10.1"