Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Monetisasi Youtube 2020

print Print This Page

Monetisasi adalah proses menghasilkan pundi-pundi (uang) dari video-video YouTube yang telah diunggah dengan mengaktifkan fitur-fitur iklan di dalam video. Tentunya tidak  semua video disisipkan iklan, hanya yang terpopuler saja yang bakal mendapatkan pemasukan terbesar dari iklan. Tujuan pengiklan menaruh modalnya dengan beriklan di YouTube adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens atau mendapatkan popularitas yang lebih. Oleh karena itu, YouTube juga akan menaruh iklan di video yang memiliki jumlah penonton yang banyak, dan akun yang rutin mengunggah konten.

Untuk mendapatkan banyak uang dari YouTube, tentunya Sobat harus mengetahui dulu cara monetisasi YouTube. Akun yang telah dimonetisasi, bakal mendapatkan keuntungan yang besarannya dihitung dari jumlah penonton. Sementara uangnya didapat dari iklan-iklan yang dipasang di video tersebut. Akun dengan jumlah viewer yang banyak dan jam tayang yang tinggi, sangat menguntungkan bagi Youbtuber. Mereka gak segan-segan untuk membagikan keuntungan yang didapat dari iklan ke kreator populer. Untuk itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah akun untuk bisa dimonetisasi. 

Di tahun 2020 ini, YouTube telah melakukan perluasan penerimaan pundi-pundi akun yang dimonetisasi. Bukan cuma lewat iklan, tapi ada juga lewat beberapa cara lain, seperti menjadi mitra, merchandise dan lain-lain. Tapi, perlu diingat, untuk melakukan monetisasi akun bukanlah hal yang mudah. Harus ada beberapa persyaratan yang harus Sobat penuhi sesuai ketentuan dari YouTube. 

Berikut ini kita akan memberikan penjelasan singkat mengenai seluk-beluk syarat dan cara monetisasi YouTube. Sebelum membahas tentang cara monetisasi YouTube, Sobat harus memperhatikan syarat-syarat yang diminta. Akun yang telah berhasil dimonetisasi itu disebut juga dengan YouTube Partner. 

Oleh sebab itu, YouTube telah membuat persyaratan dasar bagi para kreator video yang ingin memonetisasi akunnya, diantaranya:

  1. Video yang diunggah mengikuti segala aturan dan kebijakan dari monetisasi YouTube
  2. Tinggal di negara atau wilayah tempat program YouTube Partner tersedia.
  3. Memiliki lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Artinya jumlah jam tayang konten Sobat kalau ditotal telah mencapai 4.000 jam
  4. Punya lebih dari 1.000 subscribers
  5. Terhubung dengan akun AdSense 

Meskipun Sobat telah memenuhi persyaratan-persyaratan di atas, bukan jaminan kalau monetisasi akun bakal diterima oleh YouTube. Ada beberapa proses verifikasi dan penilaian yang perlu Sobat lalui oleh tim YouTube. Biasanya ini akan membutuhkan waktu beberapa hari sampai muncul pengumuman apakah akun Anda layak atau tidak.

Perhatian:

Hapus dan hindari komentar sp*m yang ada. Komentar sp*m dapat menghambat proses mendaftar YouTube AdSense. Sobat mungkin sudah memenuhi semua persyaratan di atas. Namun jika masih saja melakukan sp*mming komentar, bisa jadi pengajuan akun YouTube AdSense ditolak.

Demikian tadi ulasan mengenai Cara Cepat Monetisasi Youtube 2020, mudah-mudahan bermanfaat bagi Sobat semua. Selamat berusaha.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Monetisasi Youtube 2020"